Teks Bacaan Do'a Setelah Sholat Tarawih dan Witir Lengkap Dengan Artinya

Alhamdulillah kembali kita merasakan nikmatnya di bulan Ramadhan, suasan menjadi sangat sejuk dan tenang seiring dengan kegiatan ibadah dimana-mana yang kita saksikan bersama. Bulan Ramadhan penuh berkah membuat setiap insan giat melaksanakan pencarian pahala untuk berharap Surga-NYA.

Pada bulan yang kemuliaannya melebihi 1000 bulan ini terdapat sebuah rutinitas berpahala, tarawih merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada saat bulan Ramadhan diikuti oleh witir. Sholat tarawih pada umumnya dilakukan sebanyak 20 rakaat dengan witirnya jadi 23, dan itu imamnya bergantian sesuai jadwal.

Bicara mengenai imam sholat tarawih biasanya kita lebih suka jika yang mengimami sholatnya melaksanakan dengan cepat. Beda lagi jika yang mengimami itu orangnya agak lama dalam bacaan maupun gerakannya, tentu sholatnya berasa sangat lama dan banyak makmum yang tidak betah termasuk penulis sendiri hehe.


Untuk itu sebelum kita ditunjuk untuk menjadi imam sholat tarawih akan lebih baik jika kita belajar dirumah terlebih dahulu, mempersiapkan mental dan hafalannya agar nanti ketika praktek di Masjid atau Musholla sudah tidak gugup atau salah-salah lagi.

Berikut ini kami tuliskan teks bacaan do'a sholat tarawih dan witir supaya anda yang mempersiapkan diri menjadi imam akan lebih mudah menghafalnya, penulis juga belajar sekaligus nulis berharap mendapatkan barokah dari Alloh SWT .

Lafadz Bacaan Doa Sesudah Tarawih/ Doa Dalam Bahasa Arab :

اَللهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْاِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لَوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَاِلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَاِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَمِنْ حُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِاَكْوَابٍ وَّاَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ اُولئِكَ رَفِيْقًا. ذلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هذِهِ اللَّيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلاَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه اَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Teks Bacaan Do'a Setelah Sholat Tarawih dan Witir  Dalam Tulisan Latin :

ALLAHUMMAJ'ALNA BIL IIMAANI KAAMILIIN, WA LILFA RAA'IDHI MU'ADDIIN, WALISHALAATI HAFIZHIN, WALIZZAKAATI FAA`ILIIN, WA LIMAA 'INNDAKA THAALIBIIN, WA LI'AFWIKA RAAJIIN, WA BIL HUDA MUTAMASSIKIIN, WA `ANILLAGHWI MU’ RIDHIIN.WA FIDDUNYAA ZAAHIDIIN, WA FIL AAAAAKHIRATI RAAGHIBIIN, WA BIL QADHAAAAA'I RAADHIIN, WALINNA'MAA'I SYAAKIRIIN, WA’ALAL BALAA 'I SHAABIRIIN WA TAHTA LIWAA'I SAYYIDINA, MUHAMMADINN SHALALLAAHU 'ALAIHI WA SALLAMA YAUMAL QIYAAMATI SAA'IRIINA WA ILAL HAWDHI WARIDIIN, WA ILAL JANNATI DAKHILIN WA MINANNAARI NAAJIIN WA`ALA SARIIRIL KARAAMATI QAA`IDIIN, WA MINHURIN 'ININ MUTAZAWWIJIN, WA MIN SUNDUSIN WA ISTABRAQIN WA DIBAJIN MUTALABBISIN, WA MIN THA AA’AMIL JANNATI AKILIIN , WA MIN LABANIN WA'ASALIN MUSHAF FAN SYARIBIN, BI AKWABIN WA ABAARIQA WA KA'SIM MIN MA’IIN MA`AL LADZINA AN`AMTA `ALAIHIM MINAN NABIY YINA WASH SHIDDIQINA WASY SYUHADAAAAA'I WASH SHAALIHIIN, WA HASUNA ULA'IKA RAFIQAA, DZALIKAL FADHLU MINALLLAHI WA KAFA BILLAAHI `ALIIMA. ALLAHUMMAJ`ALNAA FI HADZIHIL LAILATISYYAHRIS SYARIIFATIL MUBAARAKATI MINAS SU`ADAA ILMAQBUULIINA WA LAA TAJ`ALNAA MINAL ASYQIYAA ILMARDUUDIINA. WASHOLLALLOOHU 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ALIHI WA SHOHBIHII AJMA'IIN. BIRAHMATIKA YAA ARHAMAR RAAHIMIINA WALHAMDU LILLAAHI RABBIL 'AALAMIIN.

Artinya :

"Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang melaksanakan kewajiban- kewajiban terhadap-Mu, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akherat , yang ridha dengan ketentuan, yang ber¬syukur atas nikmat yang diberikan, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, sampai kepada telaga (yakni telaga Nabi Muhammad) yang masuk ke dalam surga, yang duduk di atas dipan kemuliaan, yang menikah de¬ngan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra ,yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu yang murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui".

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini tergolong orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya, Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas penghulu kita Muhammad, keluarga beliau dan shahabat beliau semuanya, berkat rahmat-Mu, oh Tuhan, Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Doa Setelah Sholat Witir :

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَا فِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَّامَ الْعَافِيَّةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَّةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَا مَنَا وَقِيَا مَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya :

Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyu', ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang shalih, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Muampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesaama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: sholat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadaha kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad s.a.w, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semesta alam.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Teks Bacaan Do'a Setelah Sholat Tarawih dan Witir Lengkap Dengan Artinya"

close