Bacaan dan Amalan Doa Rabu Terakhir Bulan Safar / Rebo Wekasan

Pandangan umat Muslim tentang turunnya bala pada waktu rabu terakhir bulan safar membuat orang-orang jaman dahulu khawatir, meskipun pandangan tersebut dibantah oleh sebuah hadist yang berbunyi "tidak ada wabah (yang menyebar dengan sendirinya tanpa kehendak Allah), tidak pula ramalan sial, tidak pula burung hantu dan juga tidak ada kesialan pada bulan Shafar. Menghindarlah dari penyakit kusta sebagaimana engkau menghindari singa."(H.R.Bukhari dan Muslim).


Para ulama ahli ma'rifat atau ulama ahli hikmah juga berpandangan bahwa pada hari rabu terakhir bulan safar atau yang di namakan dengan rebo wekasan (rebo kasan/pungkasan) yaitu saat di turunkannya 320.000 bala. Ketika seorang ulama ahli ma'rifat berbicara suatu hal, maka ucapan yang di keluarkannya tersebut timbul dari hati yang datang dari allah swt yang mana hal tersebut di luar jangkauan manusia pada umumnya atau khawariqul adah, seperti kita yakini bahwa di para ulama dan para wali ada yang namanya ilham dan karomah. Pendapat-pendapat ulama seperti halnya tersebut, tidak untuk menetapkan suatu hukum seperti wajib, sunah, makruh, haram dan lain sebagainya, tetapi lebih terarah pada informasi atau peringatan bahwa pada bulan safat rabu terakhirnya diturunkan 320 ribu bala.

Karena kekhawatiran itulah para ulama menyarankan kepada kita agar melakukan amalan-amalan sunnah yang bertujuan untuk meminta perlindungan dan dijauhkan dari bala dan musibah yang akan  menimpa, berikut amalan dan doanya :




1. Shalat Sunnah 4 Rakaat, pada masing-masing rakaat membaca surat al-fatihah 1x, surat al-kautsar 17x, al-ikhlas 5x, al-falaq dan an-nas 1x.

2. Membaca Doa

Doa Amalan Rabu Terakhir Bulan Safar Rebo Wekasan

 3. Memperbanyak membacakan al-qur'an seperti surat yasin, shalawat kepada nabi, istighfar berdzikir dan yang lainnya.

4. Memperbanyak shadaqah.

5. Kemudian Menulis Ayat-Ayat Berikut Yang kemudian Di Masukan Kedalam Air Bersih Lalu Di Munum


Posting Komentar untuk "Bacaan dan Amalan Doa Rabu Terakhir Bulan Safar / Rebo Wekasan "

close