TIPS MUDAH BERKHUTBAH UNTUK KHOTIB PEMULA

Judulnya adalah tips mudah berkhutbah yang saya sengajakan untuk pemula karena ini adalah pengalaman pribadi saya sewaktu pertama kali diminta oleh masyarakat agar mau mengisi jadwal sholat jum'at dikarenakan yang menjadi khotib sebelumnya sudah jarang hadir pas jadwal atau gilirannya.

Awal mendengar permintaan itu sebagai seorang yang punya ilmu agama pas-pasan, mental juga masih suka guyonan, dan tentunya pengalaman yang belum pernah, saya kaget. Namun beberapa dari mereka mencoba memberikan semangat kepada saya agar mau belajar khutbah jumat.

Akhirnya saya pun menyanggupinya namun minta untuk tidak sering-sering alias 3 bulan sekali. Dalam waktu 3 bulan ini kemudian saya coba mencari sebanyak-banyaknya materi khutbah yang bisa saya bawakan pas giliran saya, saya belajar cara pembukaan khutbah, pas pertengahan, maupun cara menerima tongkatnya.

Sekilas memang sangat mudah, namun ketika sudah diatas mimbar rasanya sudah beda, yang belum pernah pasti keringat dingin dan bingung akan terasa sekali. Ngeblank padahal materi sudah ada, bahkan meskipun itu cuma membaca saja.

Nah, biar tidak terjadi seperti itu, disini saya coba memberikan informasi terkait dengan tips berkhutbah bagi pemula.

TIPS MUDAH BERKHUTBAH JUM'AT UNTUK PEMULA

1. Usahakan membawa materi jika memang takut ngeblank 

2. Hafalkan pembukaan dan akhiran khutbah 1-2

3. Datang lebih awal dari jamaah

4. Baca ayat kursi sebelum naik mimbar

5. Buang rasa minder jauh-jauh, niatkan untuk menyampaikan ilmu

6. Bikin konsep ditulis dibuku catatan kecil untuk pengingat ketika pertengahan khutbah agak lupa

7. Bikinlah materi yang mudah dengan 3-4 dukungan ayat Al-ur'an atau Hadist Nabi


Itulah beberapa tips buat anda yang ingin berkhutbah biar tidak mudah bergetar saat berada didepan jamaah.Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "TIPS MUDAH BERKHUTBAH UNTUK KHOTIB PEMULA"

close