Teks Bacaan Niat Doa Puasa Idul Adha Lengkap Dengan Arab Dan Latinnya

Idul Adha adalah salah satu hari besar dalam Agama Islam, didalamnya terdapat hari bahagia bagi umat Islam untuk melaksanakan Qurban dan berbagi dengan sesama. Oleh karena keunggulan hari tersebut, maka menjelang Idul Adha terdapat ibadah sunnah yang sangat dianjurkan kepada kita sekalian yaitu puasa sunnah Arofah dan Tarwiyah.

Kedua puasa tersebut intinya dilaksanakan sebelum tanggal 10 bulan Dzulhijjah, yaitu puasa Dzulhijjah 1-7 hari sebelumnya, pada hari  ke-8 kita puasa Tarwiyah, lalu dihari ke-9 kita puasa Arofah.

Untuk itu sebelum kita laksanakan ibadah yang merupakan washilah atau perantara kita meraih
kebahagiaan kelak di hari akhir terlebih dahulu kita ketahui bahwa banyak sekali fadhilah atau keutamaan dalam puasa sunnah ini, berikut ulasannya :

Keutamaan Puasa Sebelum Idul Adha :

Hari ke-1 bulan Dzulhijjah : hari di mana Allah swt mengampuni dosanya Nabi Adam as. Barang siapa berpuasa pada hari tersebut, Allah swt akan mengampuni segala dosanya.

Hari ke-2 bulan Dzulhijjah : adalah hari di mana Allah swt mengabulkan doa Nabi Yunus dengan mengeluarkannya dari perut ikan. Barang siapa berpuasa pada hari itu seolah olah telah beribadah selama satu tahun penuh tanpa berbuat maksiat sekejap pun.

Hari ke-3 bulan Dzulhijjah : adalah hari di mana Allah swt mengabulkan doa Nabi Zakaria. Barang siapa berpuasa pada hari itu, maka Allah SWT akan mengabulkan segala do’anya.

Hari ke-4 bulan Dzulhijah : adalah hari di mana Nabi Isa AS dilahirkan. Barang siapa berpuasa pada hari itu akan terhindar dari kesengsaraan dan kemiskinan.

Hari ke-5 bulan Dzulhijjah : adalah hari di mana Nabi Musa AS dilahirkan, barang siapa berpuasa pada hari itu akan bebas dari kemunafikan dan azab kubur.

Hari ke-6 bulan Dzulhijah : adalah hari dimana Alloh swt.membuka pintu kebajikan untuk Nabinya, barang siapa berpuasa pada hari itu akan dipandang oleh Alloh dengan penuh Rahmat dan tidak akan diadzab.

Hari ke-7 Dzulhijjah : adalah hari ditutupnya pintu jahannam dan tidak akan dibuka sebelum hari kesepuluh lewat. Barang siapa berpuasa pada hari itu Allah swt akan menutup tiga puluh pintu kemelaratan dan kesukaran serta akan membuka tigapuluh pintu kesenangan dan kemudahan.

Hari ke-8 Dzulhijjah : adalah hari Tarwiyah. Barang siapa berpuasa pada hari itu akan memperoleh pahala yang tidak diketahui besarnya kecuali oleh Allah swt.

Hari ke-9 Dzulhijjah : adalah hari Arafah. Barang siapa berpuasa pada hari itu puasanya menjadi tebusan dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Hari ke-10 dzulhijjah : adalah hari raya Iedul Qurban. Barang siapa menyembelih Qurban, maka pada tetesan pertama darah Qurban diampunkan dosa dosanya dan dosa anak anak dan istrinya.

Niat Puasa Dzulhijjah, 1-7 Dzulhijjah pada 22-28 Juli 2020

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

"Nawaitu shouma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala."

"Saya berniat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah ta'ala."

Niat Puasa Tarwiyah, 8 Dzulhijjah pada 29 Juli 2020

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

"Nawaitu shouma tarwiyata sunnatan lillahi ta'ala."

"Saya berniat puasa sunah Tarwiyah karena Allah ta'ala."

Niat Puasa Arafah, 9 Dzulhijjah atau 30 Juli 2020

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِّلِه تَعَالَى

"Nawaitu shouma arafata sunnatan lillahi ta'ala."

"Saya berniat puasa sunah Arafah karena Allah ta'ala."

Semoga bermanfaat dan selamat merayakan hari raya Idul Adha :)

Posting Komentar untuk "Teks Bacaan Niat Doa Puasa Idul Adha Lengkap Dengan Arab Dan Latinnya"

close